Sabtu, 21 Januari 2017
Bela Negara
Monumen Nasional, 19 Desember 2014

Peringatan hari #BelaNegara 19 Desember 2014

  1. Menyiarkan kpd masyarakat bahwa pd tgl 19 Des1948 Pemerintah Republik Indonesia pernah pindah ke Sumatera yg dikenal dg Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang diketuai oleh Mr. Syafroeddin Prawiranegara yang kemudian dikenal sbg Hari Bela Negara.
  2. Memperingati  jasa pahlawan bangsa terdahulu yang mempertaruhkan jiwa raganya Membela Negara untuk pertahankan keutuhan NKRI.
  3. Mensosialisasikan bahwa Bela negara tidak hanya dilakukan dengan memanggul senjata, tetapi juga melalui perjuangan politik dan diplomasi.
  4. Hari Bela Negara dikenal oleh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan diperingati sebagai momentum untuk menjadikan Hari Bela Negara sebagai Gerakan Nasional yang akan menumbuhkan jiwa patriotisme dan jiwa nasionalisme yang tinggi pada masyarakat

Dalam memperingati hari Bela Negara 19 Desember 2014, Kemenhan mengadakan Upacara pengibaran bendera terbesar, yang akan dikibarkan di Monumen Nasional dengan luas kurang lebih 2200 M & berat 400 Kg. Disamping itu akan ada:

  1. Pembacaan ikrar Bela Negara
  2. Atraksi Free Fall TNI dari Monumen Nasional
  3. Tarian Massal
  4. Rekor Muri
  5. Atraksi Terjun Payung
  6. Penghargaan Bela Negara terhadap sejumlah tokoh masyarakat